Samsung akan Meningggalkan OS Android dan fokus ke OS lain

Raksasa perusahaan elektronik yang berasal dari Korea Selatan, yakni Samsung nampaknya akan segera meninggalkan OS Android buatan dan akan beralih ke Fuchsia.

Laporan ini cukup mengejutkan beberapa pihak, karena kita semua tahu bahwa sistem operasi Android hingga saat ini menjadi favorit semua kalangan.

Namun, apa alasan utama Samsung hingga mengambil keputusan untuk berencana meninggalkan OS Android ini, dan apakah Fuchsia ini sangat worth to use?

Dari laporan yang dijelaskan, Samsung dikabarkan akan menggunakan sistem operasi yang juga dikembangkan oleh Google bernama Fuchsia.

Ya, Fuchsia merupakan sistem operasi berbasis kapabilitas yang sedang dikembangkan oleh Google dan kabarnya juga sudah tercium semenjak Agustus 2016, dimana proyek tersebut muncul di GitHub tanpa adanya pengumuman.

Google Fuchsia sangat berbeda dengan sistem operasi yang dibuat oleh Google sebelumnya seperti Chrome OS dan Android yang memiliki basis dasar Kernel Linux, Fuchsia OS berbasis mikrokernel bernama Zircon.

Media besar seperti GizChina mengabarkan bahwa Samsung sebenarnya telah melakukan kontribusi pada saat pengembangan project OS Google Fuchsia.

Ini mungkin menjadi alasan kuat untuk samsung yang lebih percaya diri mengadopsi Google Fuchsia dan meninggalkan Android.

Samsung sepertinya akan mengandalkan Fuchsia sebagai alternatif saja, dan juga hal tersebut mungkin akan terjadi dalam beberapa tahun kedepan.

Sedangkan untuk bisa sepenuhnya migrasi dari penggunaan Android OS ke Google Fuchsia OS membutuhkan waktu yang sangat lama.

Proyek yang sedang di jalankan oleh Google ini kemungkinan besar akan diadopsi secara masal untuk perangkat pintar lainnya seperti smartphone, tablet, komputer, dan IOT lain.

Google Fuchsia OS juga sudah pernah dilakukan uji coba untuk hub Nest.

Mendengar kabar tersebut, sepertinya Samsung bukanlah satu-satunya perusahaan yang meilirik keberadaan Google Fuchsia.

Jika brand papan atas mempertimbangkan Google Fuchsia OS sebagai OS utama mereka pada lini smartphone, maka perusahaan lain juga akan ada yang mengikuti jejak Samsung ini.

Sedangkan ketika samsung sudah mulai membiasakan diri dengan Google Fuchsia OS sejak dini, perusahaan lain mungkin akan tertinggal meskipun tidak jauh.

Hingga informasi ini beredar, pihak samsung belum memberikan informasi resmi mengenai kepindahannya dari Android ke Fuchsia OS secara resmi melalui media resminya.

About galih semar

Check Also

3 Langkah Trading Emas Yang Sangat Perlu Diperhatikan

Menurut Alan Farley, pasar emas menawarkan likuiditas tinggi dan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan, karena posisinya dapat dikatakan unik dalam tatanan ekonomi dan Politik Dunia. Langkah-langkah perdagangan emas tidak sulit untuk belajar, tetapi pemula perdagangan perlu mencoba untuk menerapkannya dengan penuh perhatian. Apa itu? Memahami Apa Yang Mempengaruhi Harga Emas Sebagai salah satu sarana pembayaran yang [...]