5 Kesalahan Pengguna Whatsapp Yang Paling Sering Dilakukan

Whatsapp menjadi aplikasi perpesanan yang sangat populer. Aplikasi ini hampir digunakan oleh setiap pengguna smartphone dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan menengah hingga atas, dari usia remaja hingga orang tua memakai Whatsapp sebagai Aplikasi perpesanan.

Meski Whatsapp sudah menyebar pada banyak orang, tapi para penggunanya masih sering juga melakukan hal-hal yang salah. Para pengguna whatsapp masih kerap melakukan kesalahan yang dapat berakibat buruk pada aplikasi.

Aplikasi Whatsapp memberikan kemudahan komunikasi dengan dapatnya memberikan pesan kepada siapapun. Kita bisa mengirim pesan pada siapapun asalkan memiliki nomor penerimanya.

Dengan kemudahan tersebut dapat dikatakan bahwa whatsapp merupakan aplikasi global. Whatsapp menyediakan ruang komunikasi digital yang luas dan juga bebas. Disamping kemudahan tersebut, tentunya tetap ada kerugian atau resiko yang diberikan.

Para pengguna harus tetap berhati-hati menggunakan whatsapp, hindari melakukan kesalahan yang bisa menjadi kebiasaan buruk yang tidak disadari. Untuk itu kamu perlu mengetahui 5 kesalahan pengguna whatsapp yang sering dilakukan agar bisa kamu hindari.

5 Kesalahan Pengguna Whatsapp Yang Sering Dilakukan

1. Tidak Menggunakan PIN

Tidak menggunakan PIN untuk keamanan pada whatsapp merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan para pengguna. Kesalahan ini tentu harus dihindari oleh pengguna whatsapp. Hal ini dikarenakan pengamanan dua kali sangat perlu dilakukan untuk mengamankan akun dari peretas maupun hacker. Berikut ini cara untuk setting verifikasi dua langkah.

1. Masuk ke aplikasi whatsapp di HP kamu.

2. Pilih tombol titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

3. Pilih settings kemudian account.

4. Setelah itu pilih two step verification dan kemudia pilih enable.

5. Yang terakhir yaitu masukkan PIN yang kamu buat. Buat PIN yang bervariasi namun mudah diingat.

2. Terlalu Banyak Mengumbar Informasi

Di dunia maya terdapat istilah OSINT atau disebut juga Open Source Intelligence. Dengan metode tersebut dapat dilakukan tindakan peretasan penipuan oleh penjahat siber dengan memanfaatkan informasi dari dunia maya.

Jadi saat menggunakan whatsapp akan lebih baik untuk memberikan informasi yang terbatas. Seperti nama pengguna dan foto profil. Hindari penggunaan nama lengkap dan untuk foto profil kamu bisa mengaturnya hanya dapat dilihat kontak tertentu saja.

3. Membiarkan Semua Orang Dapat Mengundang Gabung Sebuah Grup

Whatsapp memberikan layanan pada penggunanya untuk dapat melakukan chating dengan siapapun asalkan memiliki nomornya. Selain itu pada whatsapp juga memungkinkan seseorang untuk mengundang pengguna lain untuk join grup. Jadi kamu bisa saja mendapatkan undangan join grup dari banyak orang.

Untuk menjaga privasi pribadi, maka kamu dapat membatasi pengguna yang dapat mengundang kamu pada sebuah grup. Jika kamu belum tahu caranya, berikut ini langkah membatasi orang yang dapat mengundang grup.

1. Buka whatsapp di HP kamu

2. Pilih menu titik tiga di pojok kanan atas

3. Kemudian pilih setting dan pilih accounts

4. Setelah itu pilih privasi kemudian group

5. Selanjutnya pilih My Contacts atau My Contacts Except

Untuk opsi my contacts dapat digunakan untuk memilih hanya kontak kamu yang dapat mengundang grup. Sedangkan untuk my contacts except digunakan untuk mengatur orang yang mengundang ke grup merupakan orang dalam daftar kontak tapi ada orang yang dikecualikan.

4. Menyebarkan Berita Buruk dan Berita Hoax

Berita hoax merupakan berita yang dapat memicu kesalahan pahaman dari banyak orang. Oleh karena itu menyebarkan beritanya juga sangat dilarang. Apalagi sudah terdapat UU mengenai larangan penyebaran berita hoax.

5. Tidak Melakukan Pembersihan Kontak dan Pesan

Melakukan pembersihan pada daftar kontak dan kolom pesan sangat perlu dilakukan. Menghapus pesan pesan yang sudah tidak penting dan tidak diperlukan membantu untuk mempermudah mencari pesan yang penting. Selain itu membersihkan pesan juga dapat membantu membersihkan ruang penyimpanan.

Sedangkan untuk penghapusan kontak dapat mempermudah kamu memastikan nomor kontak kamu masih aktif. Sehingga kamu mudah dalam menemukan kontak pengguna lain.

About galih semar

Check Also

Cara Untuk Root Android Menggunakan KingRoot Di semua Tipe HP

Cara Kenakan Kingroot- Android adalah platform operasi open source. Tujuan berasal dari Open Source adalah untuk menambahkan pengguna kebebasan untuk mengakses platform Android. Tapi, pengguna perlu beroleh izin root terlebih dahulu. Nah, kita di sini merekomendasikan aplikasi yang disebut Kingroot dan bagaimana cara kenakan Kingroot itu. Sebelum memasuki jalan, pertama-tama mencermati keunggulan dan kekurangannya sehabis [...]